Pengertian Ilmu Sosial Dasar
Ilmu Sosial Dasar atau
disingkat ISD adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan teori-teori (fakta, konsep, teori) yg berasal
dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik,
Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah)
MK.
ISD merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan
dasar tentang konsep2 yg dikembangkan untuk melengkapi gejala2 sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa
dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan , sehingga kepekaan
mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar. Dari
ketiga kemapuan yang duharapkan dimiliki oleh mahasiswa sebagai calon tenaga
ahli, kemampuan personal ditanamkan kepada mahasiswa melalui mata kuliah dasar
umum atau MKDU. MKDU berusaha untuk
memperluas cakrawala perhatian dan pengetahuan
para mahasiswa sehingga tidak terbatas pada bidang
keahlian atau golongan asal masing-masing,
tetapi juga membantu mahasiswa menemukan diri sendiri dan menempatkan
diri dari perkembangan masyarakat dan kebudayaan yang sedang berlangsung. MKDU terdiri dari 6 matakuliah yaitu:
1. Agama
2. Pancasila
3. Kewiraan
4. Ilmu alamiah dasar
/ IAD
5. Ilmu sosial dasar/
ISD
6. Ilmu budaya dasar/
IBD
Tujuan Mata Kuliah Dasar Umum
adalah :
1. Sebagai usaha membantu
perkembangan kepribadian mahasiswa agar mampu berperan sebagai anggota masyarakat, bangsa, serta agama.
2. Untuk menumbuhkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah-masalah dan kenyataan sosial
yang timbul dalam masyarakat.
3. Memberi pengetahuan dasar kepada mahasiswa
agar mereka mampu berpikir secara interdisipliner/ antar ilmu pengetahuan, sehingga memudahkan mereka berkomunikasi.
Ilmu
sosial dasar sebagai bagian dari mata kuliah
dasar umum mempunyai tema pokok perkuliahan yaitu hubungan timbal balik antara
manusia dan lingkungannya.
Tujuan Ilmu Sosial Dasar
ISD membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan ciri-ciri
kepribadian yang diharapkan
dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah
laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lain, serta sikap dan tingkah
laku manusia-manusia lain terhadap manusia yg bersangkutan secara timbal balik.
Kelompok Ilmu Pengetahuan
A. Ilmu-ilmu
Alamiah ( natural scince ) : Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan
yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji
hal ini digunakan
metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan
hokum yang berlaku mengenai
keteraturan-keteraturan itu,
lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan.
Atas dasar ini lalu dibuat prediksi.
Hasil penelitian 100 5 benar dan 100 5 salah.
B. Ilmu-ilmu
sosial ( social scince ) : ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat
dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini
digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu
alamiah. Tapi hasil penelitiannya
tidak 100 5 benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan
dalam hubungan antara manusia initidak dapat berubah dari saat
ke saat.
C. Pengetahuan
budaya ( the humanities
) bertujuan untuk memahami dan mencari
arti kenyataan-kenyataan
yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini
digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.
Ilmu Sosial Dasar dan
Ilmu Pengetahuan Sosial
1. Perbedaan ISD dan IPS
Adapun perbedaan antara keduanya adalah :
llmu Sosial Dasar diberikan
di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar
dan Sekolah Lanjutan.
Ilmu
Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan
Sosial merupakan kelompok dari sejumlah
mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
Ilmu
Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan
Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
2. Persamaan ISD dan IPS
Adapun persamaan antara keduanya adalah :
Kedua-duanya
merupakan bahan studi untuk kepentingan
program pendidikan/pengajaran.
Keduanya
bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
Keduanya
mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan
sosial dan masalah sosial.
Ruang Lingkup ISD
Tiga golongan bahan
pelajaran ISD :
1. Kenyataan masalah dalam masyarakat,
yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu.
2. Konsep-konsep social tentang kenyataan social berbatasan dengan konsep dasar
atau elemnter saja yang diperlukan untuk mempelajari masalah social yang di tuangkan dalam Ilmu Pengetahuan Sosial
3. Masalah-masalah yang muncul di dalam masyarakat,
biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan social yang antara
yang satu dengan yang lainnya berbeda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar