Disini saya pakai
aplikasi DEV C++ dan OpenGL untuk librarynya, setelah semua perintah pertama
sudah dibuat (memasukkan plugin, library, membuat project) maka masukkanlah
kodingan seperti dibawah ini:
Logikanya adalah
seperti berikut
o Kemudian Void Vertikal, Void Horizontal dan
Void Diagonal adalah function yang digunakan untuk menjalankan program ketika
user menginput pada tampilan nilai menu.
o cout berfungsi untuk mencetak dan
menampilkan string atau kalimat yang berada didalam tanda petik dua.
o Cin digunakan untuk membaca yang menyimpan
suatu nilai variabel, dimana variabel adalah cin >> a, setelah tanda
>> adalah sebuah variabel.
o glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); Digunakan
untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam.
o glPushMatrix (); Digunakan untuk membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
o glColor3f (1.0,1.0,1.0); Digunakan untuk
menentukan warna garis/titik.
o glBegin (GL_LINES); Digunakan untuk
menggambar garis dari titik.
o glVertex3f (x+0.5,a+0.5,0.0); Digunakan
untuk menentukan titik awal.
o glVertex3f (x+0.5,b+0.5,0.0);Digunakan untuk
menentukan titik awal.
o glEnd (); Digunakan untuk mengakhiri gambar
garis dititik akhir.
o glPopMatrix (); Digunakan untuk membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
o menu :
int a;
cout<<"MENU \n";
cout<<"1. Garis Vertikal
\n";
cout<<"2. Garis Horizontal
\n";
cout<<"3. Garis Diagonal
\n";
cout<<"4. Exit \n";
cout<<"Masukkan Pilihan Anda
[1..4} : "; cin>>a;
cout<<"\n";
sintak diatas,
menjelaskan bentuk tampilan menu dimana pilihan menu hanya sampai pada angka 4,
menu: menunjukkan sebuah label yang bernama menu, int a menunjukkan sebuah
variabel bertipe data integer atau angka yang bernama a, kemudian cout
berfungsi untuk mencetak dan menampilkan string atau kalimat yang berada di
daam tanda kutip 2. Cin digunakan untuk membaca yang menyimpan suatu nilai
variabel, dimana variabel bernama a
o switch(a)
{
case 1:
glutDisplayFunc(Vertikal);
glutMainLoop();
return 0;
case 2:
glutDisplayFunc(Horizontal);
glutMainLoop();
return 0;
case 3:
glutDisplayFunc(Diagonal);
glutMainLoop();
return 0;
case 4:
break;
return 0;
default:
cout<<"Pilihan
Anda Salah \n \n"; goto menu;}
Statement switch
digunakan untuk melakukan pemilihan ekspresi atau kondisi yang memeiliki
nilai-nilai konstanta. Digunakan dalam pembuatan tampilan menu. Pada sintak ini
pemilihan kondisi dari switch akan di simpan pada variabel a. case 1 atau
pilihan 1 akan memanggil dan menampilkan function dari program vertical, case 2
akan memanggil function garis Horizontal, case 3 atan menampilkan function
garis Diagonal, case 4 atau pilhan 4 menunjukkan bahwa program break atau
melompat keluar dari statement switch program. Default berfungsi untuk pilihan
variable yang tidak ada atau pilihan case yang tidak ada maka akan dijanlankan
fungsi default ini, dan akan menampilkan kalimat “Pilihan Anda Salah”, kemudian
break atau program akan keluar dari statement switch dan menuju label menu
o } Tanda kurung ini digunakan untuk menutup
pengetikkan sintaks switch
Setelah di compile dan tidak ada eror maka run program, maka outputnya seperti gambar dibawah ini
Untuk pilihan 1 (Garis Vertikal) memiliki syarat bahwa nilai Y awal harus sama dengan X tetap, berikut tampilannya:
Untuk pilihan 2 (Garis Horizontal) memiliki syarat bahwa nilai X awal harus sama dengan Y tetap, berikut tampilannya:
Untuk pilihan 3 (Garis Diagonal) memiliki syarat bahwa Nilai X0 dan Y0 harus bernilai 0 sedangkan untuk X1 dan Y1 Harus diisi dengan nilai selain 0 sebagai derajat pembuat garis.
Jika menginput angka 4, maka program akan berhenti atau berakhir dan jika menginput selain angka 1 sampai 4 maka program akan menampilkan tampilan :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar