ILMU AKAN TERUS BERKEMBANG SELARAS DENGAN PERKEMBANGAN ZAMAN YANG SEMAKIN CANGGIH

Sabtu, 24 Oktober 2015

Membuat Program Garis Menggunakan DEV C++ dengan OpenGL

Disini saya pakai aplikasi DEV C++ dan OpenGL untuk librarynya, setelah semua perintah pertama sudah dibuat (memasukkan plugin, library, membuat project) maka masukkanlah kodingan seperti dibawah ini:




Logikanya adalah seperti berikut
o   Sintak include digunakan untuk memanggil semua file Header yang dibutuhkan dalam pembuatan program, iostream sebagai input dan output sedangkan glu,glut,gl berguna agar program dapat menggunakan statement-statement OpenGL.
o   Kemudian Void Vertikal, Void Horizontal dan Void Diagonal adalah function yang digunakan untuk menjalankan program ketika user menginput pada tampilan nilai menu.
o   cout berfungsi untuk mencetak dan menampilkan string atau kalimat yang berada didalam tanda petik dua.
o   Cin digunakan untuk membaca yang menyimpan suatu nilai variabel, dimana variabel adalah cin >> a, setelah tanda >> adalah sebuah variabel.
o   glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); Digunakan untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam.
o   glPushMatrix (); Digunakan untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
o   glColor3f (1.0,1.0,1.0); Digunakan untuk menentukan warna garis/titik.
o   glBegin (GL_LINES); Digunakan untuk menggambar garis dari titik.
o   glVertex3f (x+0.5,a+0.5,0.0); Digunakan untuk menentukan titik awal.
o   glVertex3f (x+0.5,b+0.5,0.0);Digunakan untuk menentukan titik awal.
o   glEnd (); Digunakan untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir.
o   glPopMatrix (); Digunakan untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
o   menu :
    int a;
    cout<<"MENU \n";
    cout<<"1. Garis Vertikal \n";
    cout<<"2. Garis Horizontal \n";
    cout<<"3. Garis Diagonal \n";
    cout<<"4. Exit \n";
    cout<<"Masukkan Pilihan Anda [1..4} : "; cin>>a;
    cout<<"\n";
sintak diatas, menjelaskan bentuk tampilan menu dimana pilihan menu hanya sampai pada angka 4, menu: menunjukkan sebuah label yang bernama menu, int a menunjukkan sebuah variabel bertipe data integer atau angka yang bernama a, kemudian cout berfungsi untuk mencetak dan menampilkan string atau kalimat yang berada di daam tanda kutip 2. Cin digunakan untuk membaca yang menyimpan suatu nilai variabel, dimana variabel bernama a
o   switch(a)
           {
          case 1:
               glutDisplayFunc(Vertikal);
               glutMainLoop();
               return 0;
          case 2:
               glutDisplayFunc(Horizontal);
               glutMainLoop();
               return 0;
          case 3:
               glutDisplayFunc(Diagonal);
               glutMainLoop();
               return 0;
          case 4:
               break;
               return 0;
          default:
                   cout<<"Pilihan Anda Salah \n \n"; goto menu;}
Statement switch digunakan untuk melakukan pemilihan ekspresi atau kondisi yang memeiliki nilai-nilai konstanta. Digunakan dalam pembuatan tampilan menu. Pada sintak ini pemilihan kondisi dari switch akan di simpan pada variabel a. case 1 atau pilihan 1 akan memanggil dan menampilkan function dari program vertical, case 2 akan memanggil function garis Horizontal, case 3 atan menampilkan function garis Diagonal, case 4 atau pilhan 4 menunjukkan bahwa program break atau melompat keluar dari statement switch program. Default berfungsi untuk pilihan variable yang tidak ada atau pilihan case yang tidak ada maka akan dijanlankan fungsi default ini, dan akan menampilkan kalimat “Pilihan Anda Salah”, kemudian break atau program akan keluar dari statement switch dan menuju label menu

o   } Tanda kurung ini digunakan untuk menutup pengetikkan sintaks switch

Setelah di compile dan tidak ada eror maka run program, maka outputnya seperti gambar dibawah ini 


Untuk pilihan 1 (Garis Vertikal) memiliki syarat bahwa nilai Y awal harus sama dengan X tetap, berikut tampilannya:




Untuk pilihan 2 (Garis Horizontal) memiliki syarat bahwa nilai X awal harus sama dengan Y tetap, berikut tampilannya:




Untuk pilihan 3 (Garis Diagonal) memiliki syarat bahwa Nilai X0 dan Y0 harus bernilai 0 sedangkan untuk X1 dan Y1 Harus diisi dengan nilai selain 0 sebagai derajat pembuat garis.




Jika menginput angka 4, maka program akan berhenti atau berakhir dan jika menginput selain angka 1 sampai 4 maka program akan menampilkan tampilan :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar